jump to navigation

APA SIH GHIBAH ITU???? July 14, 2010

Posted by nindtaa in chocolate.
Tags:
trackback

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

اتدرون ما الغيبه؟ قالوا: الله ورسوله أعلم .قال:الْغِيبَة ذِكْرك أَخَاك بِمَا يَكْرَه قِيلَ : أَفَرَأَيْت إِنْ كَانَ فِي أَخِي مَا أَقُول ؟ قَالَ : إِنْ كَانَ فِيهِ مَا تَقُول فَقَدْ اِغْتَبْته ، وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فَقَدْ بَهَتّه

“Tahukah kalian apa itu ghibah?”

Mereka (para sahabat) menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.”

Kemudian beliau shallahu’alaihi wasallam bersabda, “Engkau menyebut-nyebut saudaramu tentang sesuatu yang ia benci.”


Kemudian ada yang bertanya, “Bagaimana menurutmu jika sesuatu yang aku sebutkan tersebut nyata-nyata apa pada saudaraku?”

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Jika memang apa yang engkau ceritakan tersebut ada pada dirinya itulah yang namanya ghibah, namun jika tidak berarti engkau telah berdusta atas namanya.” (HR Muslim 2589 Bab: Al-Bir Wash Shilah Wal Adab)

sumber:

http://muslimah.or.id/akhlak-dan-nasehat/rasulullah-shalallahualaihi-wasallam-mengajarimu-arti-ghibah-sesungguhnya.html/comment-page-1#comment-9299

Comments»

1. ann - August 17, 2010

ad g’ ghibah yg d blehkan??

2. tentanghidupku - August 18, 2010
3. ann - August 18, 2010

Uwh… ngopy yua…
ternyata potongan he2😀

tentanghidupku - August 29, 2010

iyaaa..
kan memang sudah saya tulis sumbernya..
saya bukan ahlil ilmu..
jadinya tidak berani mengeluarkan fatwa atau asal bicara yang hanya mengedepankan logika dan berkata” menurut saya..”, “menurut saya..”
untuk saya, lebih baik ngopy dari blog2 ulama daripada menggunakan pemikiran saya yang belum berilmu ini, untuk sesuatu yang berkenaan dengan hukum agama.


Leave a Reply

