jump to navigation

Subhanallah,, January 14, 2009

Posted by nindtaa in chocolate.
Tags:
trackback

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh,,

Minggu 11 Januari 2009,,

saya bersama teman-teman lainya mengadakan bakti sosial di daerah Panekan Kabupaten Magetan. Ini adalah bakti sosial pertama saya bersama teman-teman,,Subhanaallah..Hari itu membuat mata saya terbuka,telinga saya mendengar dengan jelas bahwa apa yang saya lakukan selama ini salah. Begitu bnyak keluhan, ketidakpuasan,kekufuran yang mungkin saya lakukan. Padahal di luar sana banyak sekali orang yang lebih tidak beruntung dibandingkan saya. Dan sesungguhnya saya adalah 1 dari sekian ribu orang yang beruntung. Allahuakabar!!

mbah ini adalah mbah yang pertama kami kunjungi. Ya Allah, rumahnya kecil sekali, hanya terbuat dari bilik bambu, beralaskan tanah,gentenya juga sudah banyak yang berlubang,tidak ada kamar mandi. Mbah itu bilang

“Kalo hujan rumahe mbahe yo jemek nduk (rumah mbah becek).”

Baju yang beliau kenakan juga sudah lusuh. Saat kami kesana bliau baru saja pulang dari pasar, entah saya kurang tahu beliau berjualan apa. Subhallah seorang wanita tua yang masih terus berjuang demi kelangsungan hidupnya. Mbah juga bercerita tentang anak-cucunya, beliau bilang beliau punya cucu dan berkumpul pada saat hari raya idul Fitri saja.1 hal yang membuat saya sedikit bahagia adalah ketika kami mengambil foto beliau, si mbah centil juga(he..).Beliau ternyata suka sekali difoto. Mbah,,jaga kesehatan yaa,,

mbah yang kedua,,

saya memang kurang hafal siapa nama mbah-mbah yang kami kunjungi. Mbah yang ini memiliki kekurangan padsa  kakinya. Beliau tidak dapat berjalan dengan baik. Kasihan sekali melihat beliau berjalan. Menurut cerita senior yang lebih dahulu melaksanakan baksos. Si mbah memiliki seorang anak perempuan, namun sudah 4 tahun pergi entah kemana tanpa kabar. Alhamdulillah sejak 2 bulan kemarin anaknya sudah pulang.Sepulang anaknya, ada kegiatan produksi di rumah. Beliau bersama putrinya membuet kerajinan besek, saya gak tahu apa bahasa indonesianya tapi seperti ini lho bentuknya=P,,

Perjalanan dilanjkan,,agak jauh dari tempat sebelumnya. Kami ke rumah mbah yang sudah berkurang kemampuan pendengarannya. Saat kami kesana, rumah mbah bulegh(banyak asap). Saat kami di depan pintu mengucap salam berkali-kali tidak ada jawaban. Lalu tetangga si mbah nyeletuk:

mlebuo nduk,mbahe wes ora krungu. Masak ndek’ri.(Masuk aja cu, mbah udah gak denger.lagi masak mungkin)”

Lalu kami masuk, ternyata bener..si mbeh lagi masak. memang agak sulit berkomunikasi sama mbah, kami musti teriak-teriak di dekat teliunga beliau.Alhamdulillah si mbah masih memiliki suami, saat kami kesana mbah kakung sedang ngeluyur cari beras. Saat kami tanya masak apa, mbah jawab sedang masang kacang koro yang dia beli dengan harga Rp 500,-. Karena mbah lagi ngobrol-ngobrol bersama teman-teman lainnya. Saya bersama beberapa teman menyelesaikan masakan mbah. Naaah,,,disini asyiknya=P. Sebagian dari kami ada yang sampai pergi agak jauh dari ruamh untuk mencari kayu bakar, 2 orang pergi membeli minyak tanah, karena ternyata selama ini si mbeh hanya masak menggunkan kayu aja. Makanya kalo beliau lagi masak selalu aja bulegh. Di dapur yang minimalis itu kami berusaha memasak makanan yang enak buat mbah. Kami gorengkan 2 butir telur yang tadi kami beli. Alhamdulillah saya rasa makanan tersebut sudah cukup.

Dapur Mbah yang minimalis

satu hal yang nggak akan saya lupakan adalah kalimat khas yang sering mbah ucapkan yaitu elaelae.

Saya harap, saya masih bisa berkumpul membantu beliau-beliau ini. Dan juga semua orang yang sangat membutuhkan bantuan kami.

Saya sayang kalian..

Wassalamu’alaykum Warahmatullahiwabarakatuh,,,

Comments»

1. kzut - January 30, 2009

wah..mbak echa emang keren..kapan2 ajak2 donk klo ada acara seperti ini..:D

tukeran blok yuk : http://kzutov.blogspot.com

2. wida saja - February 7, 2009

Echa….

Yang kamu tulis tuh….

Jadi pengen nangis nih….

3. hendri - June 24, 2009

itu panekan mananya mbak umahku jg panekan

4. Denny X 5 - October 29, 2009

Wah mbak echa dah jago nulis ! ! Ajarin dunk adik2 kelasnya ngeblog yang bagus gmana caranya ? Soalnya aq bloger junior jadi belum ngerti apa-apa🙂

tentanghidupku - October 30, 2009

Bismillah..
alhamdulillah..
umur blog ini sudah satu tahun..

ya boleh🙂
dengan siapa ya??


Leave a Reply

